Sabtu, 07 April 2012

Surga Tersembunyi Andalas Barat

Liburan semester kali ini sangat berkesan bagi saya dan teman-teman.Libur semester ini kami memutuskan untuk berlibur ke Sumatera Barat.kenapa SUMBAR ?karna disana banyak tempat-tempat wisata dengan pemandangannya yang menyejukkan hati.Kami berangkat pada hari senin,12maret.bersama teman-teman saya dari teknik computer G11 Politeknik Caltex Riau dan 2 orang senior saya ,kami menuju SUMBAR.

perjalanan memakan waktu 4 jam lamanya dari pekanbaru.kami waktu itu brangkat pukul 11.30 malam.lama perjalanan tak membuat kami patah semangat.mengingat panorama sumbar sepanjang perjalanan yang menyilaukan mata.pukul 03.00 dini hari kami sampai di payakumbuh.Di rumah makan Terang bulan kami beristarhat sejenak smbil mkan pagi.setelah rasa lapar dan kantuk reda,kami melanjutkan perjalanan ke lembah harau.memakan waktu sekitar 3 jam dari Payakumbuh.pemandangan hamparan sawah dan bukit nan indah membuat kami takjub dan.TAAARAAAA.THIS IS MY LITTLE PARADISE.sebuah air terjun dari balik tebing yang begitu indah .dan tunggu apalagi .saya mengeluarkan kamera dan foto-foto bersama yang lain.airnya sejuk menapaki kaki saya.hawanya yang dingin membuat saya enggan melepas jaket.kami melanjutkan perjalanan ke danau singkarak.sekitar satu jam dari lembah harau ,akhirnya kami sampai di Danau Singkarak yang terletak di kota Solok,Sumatera barat.

Disini pemandangan nya tak kalah mengagumkan.ditepi danau banyak sekali rumah makan yang menyajikan pemandangan eksotis danau singkarak.Dan kami memilih rumah makan Salero bundo.disini terkenal dengan nasi yang berasal dari beras solok yang terkenal sangat enak dan gurih.makan dipinggir danau singkarak begitu menyenangkan.setelah memuaskan rasa lapar  dan dahaga,tanpa lelah,kami melanjutkan perjalanan kembali.kami memutuskan untuk ke tempat wisata selanjutnya yaitu Danau Atas dan Danau Bawah.Sebenarnya danau atas dan bawah sama saja tetapi tempat pemandangan yang berbeda membuat kita melihat seolah olah ada 2 danau yaitu danau atas dan danau bawah.Dengan memakan waktu kurang lebih 2 jam.Jalanan nya yang ekstrim tak membuat kami patah semangat,apalagi disajikan dengan hamparan kebun TEH yang begitu hijau dan asri.

Kami sempat berhenti untuk foto-foto dan mencium aroma TEH yang segar.kemudian setelah mendaki bukit dengan mobil kami ,akhirnya kami sampai diatas dengan pemandangan danau atas yang begitu indah.hawanya yang dingin dan angin yang berhembus sepoi-sepoi melepas semua penat kami selama perjalanan.Puas melihat pemandangan kami langsung menuju PADANG .Ibukota dari Sumatera Barat ini tak kalah mempunyai pesona pantai yang eksotis.sampai di padang ,matahari hampir terbenam.Kami menikmati pemandangan sunset di pantai padang.ombak yang bergulung menyapu kaki saya dengan lembut.dengan pemandangan sunset yang indah dan romantis.capek bermain di pantai,kami makan jagung bakar di tepian pantai padang.Setelah cukup kenyang  kami berkeliling kota padang.menikmati indahnya kota  padang dimalam  hari begitu mengasyikkan.waktu menunjukkan pukul 21.15.kami memutuskan untuk menginap dirumah senior  saya yang memang tinggal di padang.Rasa letih membuat kami terlelap pulas.

Hari kedua di Padang ,Sumatera Barat

Tak puas kami bermain di pantai padang,kami kembali menuju pantai.yaitu pantai air manis yang terletak di kota padang.disini terkenal legenda MALIN KUNDANG.singkat cerita si malin durhaka kepada ibunya dan tak mengakui ibunya setelah menjadi kayaraya.akhirnya ibunya sakit hati dan berdoa kepada tuhan agar anaknya di beri hukuman.dan… simalin kundang dikutuk menjadi batu.

puas bermain di pantai kami melanjutkan perjalanan ke Bukit Tinggi. Dengan memakan waktu sekitar 4 jam dari kota Padang.Selama perjalanan dari kota padang menuju Bukit Tinggi,kita akan melewati lembah anai.Air terjun ini begitu memikat dengan lokasi di pinggir jalan menuju bukit tinggi.karna hari gerimis,kami memutuskan untuk langsung saja menuju kota bukit tinggi.Kota yang terkenal dengan JAM GADANG nya ini selalu ramai di kunjungi wisatawan.tak hanya  wisatawan lokal,wisatawan luar pun banyak mengunjungi kota ini.Pesona Jam Gadang di malam hari menbuat kita tak bosan menikmatinya.Ada salah satu keunikan dari jam gadang.angka pada jam gadang semua ditulis dalam bentuk romawi,namun pada angka empat ditulis “IIII”. banyak pedangang  aksesoris khas Bukit Tinggi  jualan di bawah jam gadang.saya sempat menikmati jajanan khas Bukit Tinggi yaitu Pensi.sejenis kerang-kerang kecil yang disup.cukup dengan 2 ribu rupiah,kita bisa menikmati jajanan ini.puas menikmati indahnya malam di bawah jam gadang,kami pulang dan beristirahat

Hari ketiga di Bukit tinggi ,Sumater Barat

Hawa dingin di kota Bukit tinggi mebuat saya terbangun dan lekas-lekas menghangatkan diri di bawah sinar matahari.Hari ini kami akan berkeliling tempat-tempat wisata di Bukit Tinggi.Dikota bukit tinggi ini ada alat transportasi yang unik yaitu bendi.semacam gerobak yang ditarik oleh kuda khusus yang dikendarai oleh pak kusir.Dengan bendi kita bias diantar berkeliling jam gadang dan ketempat wisata lainnya.Salah satu tempat wisata yang terkenal berada di jantung kota Bukit Tinggi adalah ngarai sianok dengan Lubang Jepang nya yang mengandung aura mistis .Lubang Jepang adalah semacam tempat dimana dulu pejuang-pejuang kita membuat strategi ,dan memata-matai pergerakan penjajah.
Di Lubang Jepang ini kita diajak mengenang para pejuang kita dengan gigihnya merebut kemerdekaan Indonesia.Lubang jepang ini lah saksi bisu dimana para pekerja paksa di bantai bahkan dibunuh secara kejam oleh penjajah.bahkan ada beberapa pejuang kita yang kabur melalui lubang jepang ini yang tembus sampai ke ngarai sianok.Saya sangat miris mendengar penjelasan dari tour guide yang menceritakan sejarah lubang jepang ini.Setelah berjalan-jalan di ngarai sianok ,rasa lapar pun menyerang,tanpa tunggu lagi kami segera mencari rumah makan.di Sumatera Barat ini terkenal masakannya yang enak dank has Indonesia.siang itu kami memutus kan untuk makan di Nasi Kapau.Nasi kapau yaitu nasi yang dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk khas Bukit Tinggi .Disini saya sangat takjub dengan cara hidangannya.

Selesai makan kami berpencar.saya dan teman saya memutuskan untuk berbelanja.di pasar atas Bukit Tinggi ini merupakan surge belanjanya para wanita.termasuk saya.Selagi bias menawar,kita akan bias membeli pakaian dan aksesoris sebagai buah tangan dengan sangat murah.

puas berbelanja kami memutuskan untuk pulang kembali ke Pekanbaru.dan untuk mengakhiri liburan ini ,kami berfoto dibawah jam gadang.ingin liburan yang sangat menyenangkan ?Sumatera Barat merupakan Pilihan yang tepat .