Kamis, 23 Agustus 2012

Ironggholo dan Dholo Air Terjun Nan Apik


Pernah main ke Kediri? Kediri yang terkenal dengan sebutan kota tahu yang sudah familiar banget dengan rokoknya Gudang Garam dan tugu Simpang Lima Gumul sebagai ikonnya yang megah berdiri ternyata juga punya tempat-tempat wisata yang menarik buat dikunjungi loh. 


Salah satunya adalah wisata air terjun. Kalau tetangga, Nganjuk punya Sedudo dan Malang punya Coban Rondo yang sudah populer duluan maka Kediri pun juga punya dua wisata air terjun andalan, yaitu Ironggolo dan Dholo.

Dua wisata air terjun ini terletak di wilayah kecamatan Semen, Kabupaten Kediri atau penduduk sekitar biasa sebut Besuki, kurang lebih 20 km dari alun-alun kota atau sekitar 40 menit perjalanan. Nah, buat temen-temen atau keluarga yang ingin berlibur, daerah wisata dua air terjun ini berhawa dingin karena memang terletak di dataran tinggi Gunung Wilis.

Untuk menuju tempat wisata ini dapat melalui dua jalur, bisa dari Desa Mojo atau bisa juga dari Terminal Baru Tamanan Kediri. Bila temen-temen melalui terminal, searah juga dengan jalan menuju Gereja besar Puhsarang. Namun kedua jalur ini kesemuanya menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. 

Dua air terjun ini berlokasi diberbeda tempat. Dari Air terjun Ironggolo masih harus naik menempuh 5 km lagi untuk menuju Air terjun Dholo. Namun sayangnya, belum ada tranportasi umum yang dapat digunakan untuk menuju tempat wisata ini. Jadi untuk mempermudah lebih baik temen-temen membawa kendaraan pribadi. Harga tiket masuk sebesar Rp 3.000,- untuk kendaraan yang digunakan motor Rp 1.000,- dan mobil Rp 2.000,-. Ini belum termasuk karcis parkir loh tapi cukup murah kan? Hehe. 

Pengalaman paling menarik yang biasa pengunjung dapatkan adalah ketika kembali dari sumber air terjun Dholo. karena untuk menuju air terjun, pengunjung menuruni anak tangga terlebih dahulu. Jadi kalau mau balik pulang kan harus naik sebanyak sekitar seratus anak tangga. Di dekat air terjun Ironggolo juga ditemukan lagi air terjun Parijoto. Namun untuk akses kesana masih sulit dan harus ditempuh dengan jalan kaki. Bila temen-temen ada yang ingin melihat air terjun tersebut, ada petugas yang siap memandu dan menunjukkan jalannya tapi harus secara rombongan. Jadi kalau ke Kota Tahu jangan sampai melewatkan guyuran air terjun Dholo dan Ironggolo ya.

Naskah Oleh :


Rahma Andis Kurniawan
Jl P. Kemerdekaan 215 Kediri 64127

Tidak ada komentar:

Posting Komentar