Kamis, 31 Mei 2012

Sejuta Pesona Banten..


“ kemarin tanggal 02 Mei 2012 kelas saya habis jalan-jalan dan penelitian ke banten loh”, ujar seorang mahasiswa saat berbincang dengan temannya di angkutan umum.
“ wah, asik banget ya. Kan banten indah banget. Aku juga mau ah kapan-kapan ke sana. Pengen liat sunset di pantai carita. Biar romantis”, ujar lawan bicaranya sambil tertawa.
Mereka pun tetap mengbrol dengan asyiknya dan saat itu saya hanya mendengarkan karena kebetulan saya pun baru pulang dari tempat yang mereka perbincangkan tersebut. Memang benar, Banten itu provinsi yang sangat indah.

****

Banten, Provinsi yang ada di ujung pulau jawa ini menyimpan berjuta keindahan, berjuta pesona, dan berjuta tempat wisata. Daerah ini memang beriklim tropis, ini menunjukan bahwa Banten memang benar-benar bagian dari Negara Indonesia yang didaulat sebagai Negara beriklim tropis. Daerah yang terkenal dengan binatang badak bercula satu ini memang layak untuk dikunjungi karena tempatnya sangat dekat dengan beberapa pantai dan pelabuhan hingga mudah untuk dikunjungi baik memalui jalur darat, laut, mau pun udara. 





Saat datang atau berkunjung ke Provinsi Banten, rasanya tak sempurna jika tidak berwisata ke pantai Anyer. Pantai ini sangat eksotis sekali karena lautnya masih terhampar biru dan jauh dari genangan atau tumpukan sampah yang biasanya bermuara di laut. Pantai anyer ini memang ramai dikunjungi oleh turis baik dalam negeri mau pun luar negeri. Di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati indahnya matahari terbenam atau sunset. Sungguh merupakan pantai yang sangat menakjubkan. Bahkan tak jarang jika tempat ini menjadi objek foto yang sangat digemari.

Selain pantai Anyer, tempat yang terkenal lainnya yang ada di wilayah banten ini adalah Pantai Karang Bolong. Di tempat ini, kita bisa mendapatkan pernak-pernik hasi laut yang murah seperti patung-patung dari kerang, jam dinding yang berhiaskan lobster, tirai dari kerang yang berwarna warni, juga pengan khas daerah tersebut seperti emping. Pantai Karang Bolong ini tak kalah indahnya dengan Pantai Anyer. Selain pantainya yang indah, di tempat ini pun ada bukit karang bolong dan pemandian air laut yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya pantai Karang Bolong untuk beberapa hari, di sini pun di sediakan pondok Karang Bolong. 

Saat membicarakan tempat bermalam, hotel yang terkenal di Banten ini salah satunya adalah Hotel Mutiara Carita Cottages. Hotel ini sangat nyaman karena di sini kita bisa menikmati keindahan laut carita juga suasana perbukitan yang hijau membentang. Bangunan yang berbahan dasar kayu ini sangat tradisional dan nyaman untuk ditempati terlebih pada siang hari yang panas. Dan yang paling menyenangkan adalah hotel Mutiara Carita dilengkapi dengan kolam renang yang bisa kapan pun digunakan oleh pengunjung secara cuma-cuma. Selain itu, fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah jet sky, banana boat, dan speed boat yang tepat berada di laut di belakang hotel. 

Selain dari beberapa tempat tadi, masih banyak lagi tempat tempat indah di provinsi Banten ini yang selalu ramai dikunjungi oleh turis domestik mau pun mancanegara seperti Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Kabupaten Pandeglang. Di sinilah kita bisa menjumpai spesies langka dari badak jawa atau badak bercula satu yang dilindungi karena spesiesnya yang terancam punah.

Bahkan yang lebih menarik dari Provinsi Banten ini, masyarakat di beberapa daerahnya bisa dijadikan objek penelitian bahasa juga kebudayaan yang menarik karena disini kita akan menjumpai beberapa keunikan. Contohnya saja orang banten yang berbicara dengan bahasa Indonesia namun berdialek jawa atau pun medan. Namun mereka pun memiliki bahasa daerah sendiri yaitu bahasa Banten yang bisa menjadi ciri khas penduduknya. Juga masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa dijadikan objek tergantung kebutuhan yang tentu saja harus ada izin dari pemuka daerah setempat. Itulah Banten, provinsi yang menyimpan berjuta pesona dan keindahan serta keunikan. Hal–hal seperti inilah yang patut dilestarikan dan diperbincangkan karena bukan tidak mungkin saat orang lain mendengar cerita tentang wilayah Indonesia, mereka pun akan tertarik untuk turut berwisata di daerah-daerah di Indonesia. Hal ini tentu menambah penghasilan dan sumber penghidupan bagi para penduduk setempat.

Ditulis oleh:

Iis Yasinta Apriani
Cipetir rt 03/02 Ds. Batusari Kec. Dawuan- Subang, 41271

Tidak ada komentar:

Posting Komentar