Kamis, 24 Mei 2012

MENERJANG BATAS ADRENALIN DI TEBING PETRUK


Rabu, 22 Desember
Persiapan dimulai pukul 15.00 kami mempersiapkan alat dengan teliti, kami berangkat pukul 19.00 dengan 6 kendaraan Menuju Tebing Petruk Kab. Kebumen dan 3 teman kami menyusul yaitu Sdr Sigit, Sdri Diah, dan Sdri Ulum karena ada urusan akademik yang tidak bisa ditinggalkan. Pukul 19.15 kami mengisi bensin dan kendaraanya teman kami Fredi bocor, maka kami pun menunggu terlebih dahulu dan melanjutkan perjalanan dengan tertib karena selain menjaga kekompakan kami pun tidak tahu tempat basecamp petruk itu sendiri ada dimana,??? pukul 21.12 kami sampai di basecamp, karena makan malam (nasi bungkus) belum sempat terbeli kami pun akhirnya memutuskan untuk memasak jatah makan Hari ke-3 siang untuk makan malam ini. Kami makan malam pukul 22.30 dan menunggu 3 orang teman kami yang akan menyusul.

Kamis, 23 Desember 2010
Pukul 02.00 kami memulai evaluasi dan koordinasi Tim, karena kami menunggu teman kami maka evaluasi dan koordinasi pun dimulai dini hari, Pukul 04.00  udara dingin yang menghembus dikeheningan pagi telah membangunkan kami untuk memulai aktifitas camp,setalah aktifitas camp kami pun segera menyiapkan  peralatan untuk operasional hari ini, kami berangkat pukul 05.50.  kami berangkat dengan penuh semangat sebelumnya kami sempatkan untuk berfoto di depan pintu masuk wisata Goa Petruk kami tiba di dasar tebing pukul 06.15 dan langsung menyiapkan operasional pemanjatan Tebing, untuk leader yang pertama yaitu Sdri Anti dengan memasang 5 pengaman mencapai 10 Meter, pemanjatan digantikan oleh Sdri Ulum dan mencapai ketinggian sekitar 9 Meter, karena kurangnya latihan fisik akhirnya kami kelelahan dan belum mencapai target, yaitu Pitch 1.
Cuaca yang begitu panas membuat kami terasa begitu capek dan lapar, akhirnya pukul 11.00 Wib.  kami memutuskan untuk istirahat dan makan Siang, setelah itu melanjutkan tugas operasional pukul 12.00.

Pemanjatan dilakukan oleh Sdr fikri namun baru mulai pemanjatan di pengaman 1, Sdr Fikri merasa tangan kiri nya sakit dan pemanjatan pun dilakukan oleh Sdri Diah saat di pengaman kedua, sedikit mengalami hambatan yaitu takut dengan ketinggian, pamanjatan pun digantikan oleh Sdr Fikri lagi dan hanya mencapai di pengaman ketiga saat di pengaman kedua Sdr Fikri menjatuhkan carabiner setelah selesai pemanjatan pun seperti biasa  5 porsi bagi yang menjatuhkan aat pengaman tebing, kemudian pemanjatan digantikan oleh Sdr Fredi pukul 14.19.  mencapai pitch 1 tetapi Sdr Fredi juga menjatuhkan chalk bag (tenpat magnesium.) karena lelah juga, pemanjatan digantikan oleh Sdr Sigit dan mencapai top pitch (puncak tebing) pukul 16.00. kemudian kami pun segera bergegas untuk segera beristirahat, pukul 16.30. Mas Agus dan Kang Roni, ALB kami datang untuk menjenguk dan membawakan kami ikan. Pukul 22.00 kami melakukan evaluasi dan koordinasi dan selesai pukul 23.30.



Jumat, 24 Desember 2010
Pagi hari yang indah membangkitkan jiwa kami untuk segera menyelesaikan tugas operasional dihari jumat ini  pukul 04.30 kami bangun dan segera melakukan aktifitas camp selanjutnya operasional dilanjutkan pukul 06.00 kami berenam segera menyusul di dasar tebing karena 3 orang di tinggal untuk tidur di dasar tebing untuk menjaga peralatan.
Pukul 06.15 kami sampai di dasar tebing untuk segera melakukan pemanjatan dan cleaning alat, Sdr Alip memulai operasional hari ini dengan teknik jumar pukul 07.30 mencapai top, kemudian pemanjatan dilakukan oleh Anti dengan runer dengan mancapai ketinggian 20 m pada pukul 09.00, karena saat operasional hujan maka dilanjutkan dengan cleaning alat dengan penuh pertimbangan, cleaning dilakukan oleh Agres dan selesai pukul 10.20 dan kami pun bergegas untuk saving alat pukul 11.30 kami kembali ke basecamp untuk makan  dan anggota lainya melakukan shalat jumat di masjid sekitar basecamp, pukul 13.15 kmai melakukan perjalanan untuk pulang ke sekretariat UPL MPA UNSOED dan sampai pukul 15.50.
Naskah oleh :
Fajar Tri Purnama
Banjar negara, Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar